Kota Di Indonesia Yang Memiliki Tradisi Imlek Unik Dan Meriah

Kota Di Indonesia Yang Memiliki Tradisi Imlek Unik Dan Meriah

Ivy League –¬†Indonesia merupakan negara dengan populasi multi etnis dari Sabang hingga Merauke. Sehingga banyak suku bangsa di Indonesia yang hidup rukun satu sama lain. Salah satunya adalah etnis Tionghoa yang berkembang pesat di Indonesia. Menjadikan Tahun Baru Imlek sebagai salah satu hari libur paling khusyuk di Indonesia. Di berbagai daerah, perayaan Tahun Baru Imlek dihiasi dengan tradisi daerah yang berbeda. Hal ini dikarenakan budaya dan tradisi Tionghoa telah mengalami akulturasi dengan tradisi dan budaya setempat. Maka jangan heran jika Anda menemukan tradisi unik Imlek dan tetap melanjutkan kemeriahannya. Dengan demikian Indonesia menjadi salah satu negara binaan di Asia yang memiliki perayaan Imlek secara live.

1. Grebeg Sudiro – Solo

Di Sole, masyarakat setempat selalu menggelar grebeg sudiro menjelang perayaan Imlek. Bahkan banyak yang menganggap acara ini sebagai simbol toleransi terhadap Tunggal. Grebeg Sudiro adalah prosesi kue bola basket yang jumlahnya ribuan, dan disusun membentuk gunungan. Itu terjadi seminggu sebelum Tahun Baru Cina. Tradisi ini biasanya diawali dengan berwisata atau berwisata yang datang dari kawasan Sudiroprajan kemudian menuju Pasar Gede Harjonagoro. Kemeriahan acara dilengkapi dengan berbagai atraksi kesenian tradisional seperti liong, barongsai dan lain-lain. Usai pertunjukan, warga dan pengunjung yang mengikuti acara biasanya akan berebut keluar dan mengambil keranjang yang sudah jadi acara sebelumnya. Tradisi ini bertujuan agar kerukunan suku Jawa dan etnis Tionghoa di Indonesia tetap terjaga di masa yang akan datang. Selain belajar tentang tradisi unik Imlek, wisatawan bisa mengunjungi berbagai tempat wisata menarik di Solo pada liburan Imlek di Solo.

2. Pawai Tatung Cap Gomeh – Singkawang

Hotel ini terletak di Kalimantan, India, salah satu kota paling terkenal di Kalimantan. Jam berapa? Singkawang merupakan salah satu pusat pemukiman Tionghoa di Indonesia. Untuk membuatnya begitu dekat dengan semua orang yang lahir di Imlek. Letaknya di tengah Imlek sebagai kota Afrika Selatan di kancah Imlek di Asia. Tak heran jika kota Singkawang menjadi tujuan negara-negara Asia yang mengadakan upacara penghargaan Imlek.

Ini adalah satu-satunya hal di tengah dunia yang harus saya bicarakan. Saya tidak akan bisa mengambil tanda go meh, tapi butuh waktu 15 hari untuk sampai di Imlek. Dan saat itu menjadi tradisi lokal menjadi turis. Bukan tanpa alasan, karena tatung (sosok manusia dengan kemampuan supranatural yang kebal benda tajam) bisa melakukan atraksi seru. Ketika Anda ingin pergi tidur, Anda dapat kembali dan melihat apakah Anda ingin tidur. Ratusan tatungo yang ikut serta dalam pawai ini, berpakaian khas suku Dayakov, menunjukkan asimilasi regional.

3. Pasar Imlek Semawis – Semarang

Jika Anda berencana untuk menghabiskan liburan Tahun Baru Imlek di Semarang, jangan lewatkan mengunjungi pasar Semawis Imlek di kota ini. Pasar Semawis merupakan wisata Pecinan di Semarang. Lokasinya ada di Jl. Gang Warung No. 50, Kauman. Saat perayaan Imlek, pasar ini akan dihias dengan lampion dan pernak pernik khas China. Acara ini akan diadakan setiap tahun untuk melestarikan budaya Tionghoa. Dimulai dengan bazar makanan tradisional dan seni pertunjukan seperti wayang golek, atraksi wushu, lampion, barongsai dan masih banyak lagi. Semua yang akan Anda temukan di tempat ini.

Selain itu, jangan lewatkan tradisi Tuk Panjang yang juga berlangsung di pasar Semawis. Tradisi ini menjadi tanda dibukanya Imlek di kota Semarang. Tradisi ini biasanya dikunjungi oleh ratusan pemeluk agama yang berbeda duduk bersama makan. Beragam hidangan seperti lumpia, cap go meh, sop shangai, nasi ayam Hainan, brokoli jamur, es bak klengkeng, dan jajanan pasar obar-abir biasanya disajikan. Meski tamu undangan mengikuti tradisi rutin ini, pengunjung yang masuk bisa mengikuti perayaan tersebut. Tak heran jika Pasar Semawis menjadi tempat terbaik untuk menikmati suasana Imlek di Semarang.

Terima kasih telah membaca artikel kabarapik.com ini, semoga bermanfaat.