Kelebihan dan Kekurangan Waralaba

Ivy League –¬†Waralaba adalah bisnis yang cukup populer saat ini. Jika Anda sering melihat restoran, kafe, dan warung makan dengan nama yang sama di tempat atau kota yang berbeda, kemungkinan besar bisnis tersebut adalah franchise atau perusahaan waralaba.

Waralaba adalah bahasa Inggris dari waralaba dalam bahasa Indonesia dan waralaba dalam bahasa Prancis. Arti kata franchise adalah hak atau kebebasan untuk menjual produk, layanan, atau layanan.

Waralaba adalah suatu kerjasama dalam bidang usaha dengan pembagian keuntungan sesuai dengan kontrak. Berkat sistem franchise, para pelaku bisnis dapat menjalankan usahanya dengan aman, meskipun memiliki pengalaman dan pengetahuan yang minim dalam menjalankan bisnis.

Banyak orang mengira bahwa menjalankan bisnis franchise berarti menghasilkan lebih banyak keuntungan. Namun, ini tidak pasti karena ada banyak biaya operasional dan keuntungan yang dipotong untuk pemilik waralaba.

Pengertian Waralaba

Waralaba adalah hukum manajemen atau hukum pemasaran, sederhananya. Seperti yang telah disebutkan di atas, franchise atau franchise adalah ketika Anda memiliki hak untuk membuka usaha dengan merek dan sistem bisnis yang sebelumnya dimiliki orang lain.

Waralaba adalah kegiatan di mana pemilik waralaba (pemberi waralaba) dapat berbentuk badan usaha atau orang perseorangan yang memberikan hak untuk menggunakan dan / atau melaksanakan hak atas suatu penemuan atau kekayaan intelektual, serta karakteristiknya. bisnis, ke pihak lain. Dengan kata lain, penerima waralaba berhak menjalankan bisnis dengan menggunakan merek (nama dagang) dan menggunakan sistem bisnis.

Dengan peraturan pemerintah no. 42 Tahun 2007 menyatakan bahwa Waralaba adalah atau waralaba adalah hak khusus yang dimiliki seseorang, perorangan atau pelaku ekonomi terhadap suatu sistem perusahaan yang bersifat usaha untuk tujuan penjualan barang dan jasa yang terbukti efektif dan dapat digunakan dan / atau digunakan oleh para pihak berdasarkan perjanjian waralaba.

Saat ini sudah banyak perusahaan franchise atau franchise di Indonesia baik besar maupun kecil.

Jenis waralaba

Jenis waralaba adalah sebagai berikut:

  • Waralaba asing, lebih disukai karena sistemnya lebih transparan, mereknya telah diterima di dunia yang berbeda dan dianggap lebih bergengsi. Tentunya, jenis franchise ini memiliki pro dan kontra.
  • Waralaba rumah juga merupakan pilihan investasi bagi orang yang ingin menjadi pengusaha dengan cepat, tetapi tidak memiliki pengetahuan yang memadai tentang awal dan kelanjutan alat bisnis yang ditawarkan oleh pemilik waralaba.

Selain itu, terdapat juga jenis waralaba yang diuraikan menurut produknya, yaitu Waralaba Produk, Waralaba Jasa, dan Waralaba Gabungan. Ketiganya merupakan jenis waralaba yang berbeda dengan produk yang ditawarkan oleh waralaba.

Jenis waralaba

Waralaba Nama Komersial. Waralaba nama usaha adalah jenis waralaba yang telah diberikan hak produksi langsung oleh pemilik waralaba, namun masih dalam pengawasannya.

Waralaba distribusi produk. Waralaba distribusi produk adalah salah satu jenis waralaba yang berhak mendistribusikan produk hanya di wilayah tertentu. Ada kalanya setiap daerah memiliki perusahaan distribusi yang berbeda, bahkan dengan produk yang sama.

Waralaba murni. Waralaba jenis ini merupakan jenis waralaba yang mendapat hak penuh dari pemilik waralaba, mulai dari proses pembuatan, penjualan, pengelolaan, pendistribusian dan lain sebagainya.

Kelebihan dan Kekurangan Franchise

Bisnis franchise merupakan suatu kegiatan yang tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan yaitu:

Kelebihan bisnis franchise adalah:

  • Perusahaan yang telah dibuat, diuji, dan disediakan dengan tepat dapat membantu Anda menghindari kegagalan bisnis.
  • Bisnisnya sudah dikenal masyarakat, jadi Anda tidak perlu khawatir dengan marketing.
  • Kemudahan pengelolaan keuangan, karena franchisor telah menyiapkan sistem dari awal kolaborasi dibangun (dengan pemasok, pemasaran atau periklanan) dan memudahkan franchisee untuk melanjutkan.
  • Berbagai dukungan yang diberikan oleh pemilik waralaba (pelatihan proses pemasaran, keuangan dan tips menjalankan bisnis).

Kekurangan dari bisnis franchise adalah:

  • Anda memiliki kendali minimal atas bisnis berkat sistem yang telah ditentukan sejak awal
  • Ketergantungan pada pemasok yang ditentukan oleh pemilik waralaba meskipun kami memasok pemasok dengan harga lebih murah.
  • Ketergantungan pada reputasi waralaba lain jika ada waralaba lain yang melakukan kesalahan yang merusak reputasi merek waralaba tersebut. Bisnis Anda akan terpengaruh karena nama bisnis yang sama.
  • Biaya waralaba yang bervariasi, seperti biaya pembelian merek di awal kontrak, serta biaya dukungan dan pelatihan tambahan.

Berikut beberapa pro dan kontra bisnis franchise yang perlu Anda pahami. Dengan mengenal franchise ini, nantinya Anda bisa mempercepat perkembangan bisnis Anda.

Untuk mengembangkan bisnis franchise ini kamu bisa membuat website di Jasa Backlink sekaligus mempromosikannya ke pengunjung.