Aplikasi Pendukung Bisnis Untuk Mengembangkan Bisnis

Ivy League –¬†Menjalankan usaha merupakan kegiatan yang menuntut pelaku untuk fokus dan memantau lebih lanjut perkembangan usaha yang dilakukan. Menjalankan bisnis bukanlah “robot” yang memungkinkan Anda untuk rileks dan uang terus mengalir. Tentu saja tidak.

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dan dipantau saat memutuskan untuk memulai bisnis. Jangan biarkan diri Anda diabaikan dan jangan biarkan bisnis Anda berkembang. Itulah mengapa Anda membutuhkan aplikasi atau layanan pendukung bisnis. Tujuannya agar bisnis Anda mudah dipantau dan mengetahui kemajuan Anda.

Jadi, apa itu layanan pendukung bisnis? Tanpa basa-basi lagi, pertimbangkan daftar layanan dukungan bisnis berikut yang harus Anda ketahui.

1. Evernote atau aplikasi serupa

Sebelum era smartphone, banyak orang menyarankan untuk membawa pena dan notebook kecil. Tujuannya agar bisa menulis hal-hal yang terlintas dalam pikiran, bahkan hal-hal terkecil. Siapa yang tahu jika Anda memiliki ide yang sedang bergerak. Siapapun yang mengetahui sebuah ide adalah ide bisnis yang potensial.

Hal yang sama berlaku untuk era smartphone. Perbedaannya adalah kita tidak perlu membawa pulpen dan kertas kecil. Terlalu rumit, meski bagi sebagian orang belum dipindahkan. Tapi apa gunanya membawa catatan kecil ketika Anda dapat menyimpan apa pun di aplikasi catatan seperti Evernote.

Evernote adalah aplikasi pencatatan yang banyak digunakan. Aplikasi ini sudah populer sejak lama dan banyak digunakan oleh para pebisnis. Dengan Evernote, Anda dapat mencatat hal-hal penting dalam rapat, sesi curah pendapat, dan banyak lagi. Evernote juga memungkinkan Anda menulis kalender dan mencatat nomor-nomor penting.

Faktanya, ada banyak aplikasi lain selain Evernote. Contohnya adalah Color Note atau Google Keep. Anda dapat menemukannya di toko aplikasi Android atau iOS. Apapun aplikasinya, pastikan itu pendamping yang menarik untuk Anda.

2. Aplikasi untuk pencatatan keuangan

Sebelum era smartphone, banyak orang mencatat entri dan keluar mereka dalam aplikasi pengolah data seperti Microsoft Excel. Nyatanya, masih banyak yang menuliskannya di buku. Jelas, kedua hal ini agak ketinggalan jaman, terutama notebook besar.

Untuk mencatat keuangan Anda, baik pemasukan maupun pengeluaran, sebaiknya menggunakan aplikasi yang mudah diakses dimanapun Anda berada. Dan sekarang ada banyak aplikasi atau layanan yang bisa dipilih untuk mencatat data keuangan Anda. Coba pilih aplikasi keuangan yang juga merupakan aplikasi kasir.

Aplikasi kasir ini cocok untuk anda yang berbisnis jualan barang. Dengan aplikasi kasir, Anda dapat melacak catatan penjualan, pendapatan, dan lainnya.

3. Google Suite

Google Suite adalah jenis layanan manajemen untuk kebutuhan bisnis. Aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar yang cocok untuk anda yang sibuk dan sedang memantau berbagai event perusahaan dari jarak jauh.

Dengan Google Suite, Anda dapat dengan mudah mengelola dokumen, kalender, dan lainnya serta memanfaatkan teknologi komputasi awan, atau komputasi awan. Dengan Google Suite, Anda juga bisa mendapatkan alamat email bisnis yang disesuaikan berdasarkan nama perusahaan Anda agar lebih profesional.

Selain itu, Google Suite juga menawarkan berbagai layanan seperti penyimpanan data yang besar dan layanan terkait pekerjaan seperti aplikasi pengolah kata (Google Docs) dan banyak lagi. Google Suite juga menawarkan layanan Google Meet, yang memungkinkan konferensi video dengan rekan kerja atau pelanggan.

4. Aplikasi perbankan

Sebagai pebisnis, tentunya Anda membutuhkan aplikasi perbankan. Apalagi jika pengelolaan keuangan Anda ada di tangan Anda. Oleh karena itu, aplikasi perbankan ini adalah salah satu aplikasi yang perlu Anda instal di ponsel Anda.

Hadirnya aplikasi perbankan seperti mobile banking semakin memudahkan pengiriman uang ke tim. Terutama dalam hal bekerja. Aplikasi perbankan juga memudahkan bertransaksi dimana saja tanpa harus mencari ATM.

5. Aplikasi chat untuk perusahaan

Aplikasi lain yang wajib dimiliki para pebisnis adalah aplikasi obrolan khusus bisnis. Bagi Anda yang sudah familiar dengan WhatsApp dalam segala aktivitas chat sebaiknya mulai mengubah kebiasaan Anda.

Anda perlu memisahkan percakapan pribadi dari percakapan bisnis. Itulah mengapa Anda membutuhkan aplikasi WhatsApp Business. Aplikasi ini sangat cocok bagi Anda yang berjualan secara online atau menjual apapun yang mengharuskan konsumen untuk menghubungi Anda.

Jika Anda memiliki bisnis dengan berita gadget terlengkap, Anda dapat menggunakan Slack. Slack adalah aplikasi untuk berkomunikasi dengan tim. Slack memungkinkan Anda untuk membagi karyawan menjadi beberapa tim dan mengamati kemajuan pekerjaan karyawan Anda.